Koleksi 70 Lagu Anak-Anak Indonesia

Ramalan by Indo Ramalan Kategori: ,

Lagu anak-anak datang dan pergi silih berganti. Namun lagu anak-anak dari era 'modern' seolah kehilangan ruh. Barangkali terlalu genit bermain-main dengan unsur-unsur musikal dan resep-resep industri, sehingga malah melenceng dari - katakanlah - kaidah-kaidah membuat lagu anak-anak yang bagus.
Yang bertahan dan nyaris 'evergreen' tetap saja produk lama, yang kebanyakan bahkan seringkali tidak dikenal lagi siapa penciptanya. Kelebihan lagu anak-anak produk 'tempo dulu' adalah: lagu-lagu tersebut memang sengaja diciptakan dan didedikasikan untuk anak-anak. Rasanya hampir tidak ada pertimbangan komersial yang disertakan dalam proses pembuatan lagu-lagu tersebut.
Selain itu, ada misi pendidikan di dalam lagu-lagu tersebut, yang tentu saja disampaikan dengan cara yang mudah dipahami anak-anak. Bagaimana misalnya lagu Pelangi memperkenalkan eksistensi Tuhan kepada anak-anak dengan cara yang sangat sederhana, melalui lirik: 'pelukismu agung, siapa gerangan, pelangi-pelangi ciptaan Tuhan'. Atau tengoklah betapa pesan-pesan tentang budi pekerti terasa sangat kental di dalam lagu 'Pergi Belajar'.
Bandingkan dengan lagu anak-anak produksi era 'modern'. Pahamkah Anda dengan lirik lagu 'Mama..bolo-bolo, Papa, bolo-bolo..' dan seterusnya? Terus terang hingga saat ini saya tidak memahami maksud si pencipta lagu tersebut, apalagi menangkap misi yang ingin disampaikan di dalamnya.
Membuat lagu anak-anak memang bukan pekerjaan mudah. Perlu kecerdasan dan keterampilan untuk menyampaikan pesan-pesan luhur dalam bahasa anak-anak. Makanya, tidak setiap pencipta lagu bisa menciptakan lagu anak-anak yang baik. Ketika dipaksakan, akhirnya muncullah lagu anak-anak 'sampah' yang tidak jelas arahnya.
Sekedar untuk mengingatkan kembali akan lagu-lagu anak-anak yang bermutu, saya mengumpulkan sekitar 70 lirik lagu anak-anak dalam format e-Book, yang sebagian besar diantaranya pasti kita kenal. Sekalian juga untuk mengenalkan kembali lagu-lagu tersebut kepada anak-anak, ponakan, atau bahkan anak-anak tetangga kita :-)
Silakan download e-Booknya di bawah ini. Tolong sebarkan e-Book ini seluas-luasnya, sebagai wujud kepedulian kita kepada anak-anak kita, anak-anak Indonesia.
Note: Untuk meng-copy teks dalam e-Book, blok teks yang diinginkan, lalu tekan Ctrl C. Setelah itu paste di NotePad atau MS Word.
Silahkan Download Gratis: Koleksi lagu-anak.zip
Sumber:Mimbar Bebas_panjalu.multiply.com